Rabu, 10 Desember 2008

HAKEKAT IPA

  • HAKEKAT IPA
    Hakekat IPA sebagi proses merupakan suatu proses yang diperoleh melalui metode ilmiah. IPA tidak hanya kumpulan-kumpulan pengetahuan tentang alam tetapi juag menekankan pada cara kerja , cara berpikir. Misalnya dalam melakukan penelitian, memahami IPA lebih dari hanya mengetahui fakta-fakta tetapi juaga memahami, mengumpulkan dan menghubungkan fakta-fakta untuk menginterpretasikannya.
    Tahapan-tahapan dalam proses :
    Ø Observasi
    Ø Masalah
    Ø Pemecahan masalah
    Ø Eksperimen
    Ø Variable
    Ø Pengumpulan data
    Ø Simpulan
    NB : dalam melakukan suatu proses IPA harus menggunakan metode ilmiah, maka tahapannya harus sistematis
    Hakekat IPA sebagai produk merupakan kumpulan hasil yang diperolh dari proses dengan menggunkan metode ilmiah yang tersusun secara sistematis dan lengkap.Produk IPA meliputi: FAKTA, KONSEP dan PRINSIP.
    Hakekat IPA sebagai pemupuk sikap ilmiah maksudnya IPA sebagai pemupuk sikap ilmiah yang mana melalui pembelajaran iPA dapat memupuk sikap ilmiah dalam diri siswa, sikap iliah yang dapat ditanamkan pada diri siswa antara lain :
    Ø Sikap ingin tahu
    Ø Sikap ingin mendapat sesuatu yang baru
    Ø Sikap kerja sama
    Ø Sikap tidak putus asa
    Ø Sikap tidak berprasngka
    Ø Sikap mawas dir
    Ø Sikap bertanggung jawab
    Ø Sikap berpikir bebas
    Ø Sikap disiplin diri
    Contoh : pembelajaran IPA pada kelas I semester I materi umumnya TUBUH
    Melalui kegiatan pembelajaran seperti : diskusi dan pengamatan maka secara tidak langsung guru sedang menanamkan sikap-sikap iliah seperti, sikap ingin tahu bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta bagaimana perawatannya, sikap ingin mendapat sesuatu yang baru yang tadinya siswa tidak tahu bagaiman cara merawat gigi dengan baik, maka dengan diskusi dan penjelasan guru siswa dapat mengetahui bagaiman cara merawat gigi yang baik. Kemudian dengan diskusi guru sudah mennamkan sikap kerja sama, sikap tidak berprasangka terhadap teman kelompok, dan sikap lainnya yang dapat ditanamkan lewat kegiatan diskusi dan pengamatan.



Tidak ada komentar: